Analisis Hubungan Citra Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Poli Diabetes Mellitus Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya

  • Hafid Luqman Hanafi Stikes Widyagama husada
Keywords: Poli Diabetes Melitus, Citra Pelayanan, Loyalitas Pasien

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan citra pelayanan terhadap loyalitas pasien poli diabetes mellitus Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya. Metode dengan cara wawancara dipandu dengan kuesioner pertanyaan tertutup. Penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat analitik dengan sumber informasi pasien yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan poli diabetes mellitus Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya yang dilakukan pada bulan Mei-Juni 2010. Penyajian data menggunakan tabel distribusi frekuensi, tabulasi silang(crosstabs), dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh kesan pasien terhadap citra pelayanan poli diabetes mellitus adalah baik, dan loyalitas pasien adalah loyal dan sangat loyal. Hal ini berarti pihak manajemen harus memperhatikan citra dan tetap menjaga kinerja serta kualitas pelayanan, lebih memberikan perhatian dan mengambil tindakan terhadap berbagai keluhan pasien untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan menimbulkan kesan yang baik di masyarakat. Hasil uji korelasi spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara citra pelayanan terhadap loyalitas pasien.

Edisi Agustus 2012
Published
2012-08-12
How to Cite
HanafiH. (2012). Analisis Hubungan Citra Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Poli Diabetes Mellitus Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 1(1), 41-53. https://doi.org/10.33475/jikmh.v1i1.79
Section
Articles