Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit "X"

  • Devita Sari
Keywords: kualitas pelayanan dan kepuasan pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit “X”. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan desain survey dengan sampel sebanyak 100 pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda.

Hasilnya didapat bahwa dimensi pelayanan secara keseluruhan, kesesuaian antara pelayanan yang diberikan oleh RS “X” dengan harapan pasien terdapat gap/ tingkat kepuasan dikategorikan dalam kelompok sedang, meskipun belum sepenuhnya memenuhi harapan pasien tetapi pelayanan yang diberikan sudah cukup baik.

Berdasarkan hasil analisis regresi diatas dapat disimpulkan bahwa semua variabel dari dimensi kualitas   pelayanan   (keandalan,   ketanggapan,   keyakinan,   keberwujudan   dan empati) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap RS “X”.

Volume 6.1 Maret 2017
Published
2017-03-20
How to Cite
SariD. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit "X". Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(1), 151-158. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i1.71
Section
Articles