Penerapan Regresi Panel Dalam Mengetahui Pengaruh Kematian Ibu

  • Rhea Rahma Adelina
  • Diah Indriani
Keywords: regresi panel, kematian ibu

Abstract

Penggunaan regresi panel saat ini banyak digunakan dalam bidang ekonomi, contohnya untuk melihat dinamika pendapatan, survey pendapatan dan partisipasi program ekonomi dan lain-lain. Pada bidang kesehatan, masih sedikit yang menggunakan analisis ini salah satunya adalah penelitian untuk melihat pengaruh pelayanan kesehatan bayi terhadap angka kematian bayi di Banten. Oleh karena penggunaan regresi panel yang sedikit untuk penelitian dibidang kesehatan maka akan diterapkan analisis regresi panel pada bidang kesehatan. Dalam pengaplikasian regresi panel yang diinginkan, studi kasus yang diambil adalah mengenai kematian ibu.

Penelitian ini menggunakan data jumlah kematian ibu, eklamsi, partus lama, perdarahan hamil, perdarahan persalinan, infeksi, perdarahan nifas, cakupan k1 k4, anemia dan penolong persalinan oleh tenaga kesehatan di 38 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur selama periode 2009 – 2014 yang didapatkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Analisis regresi panel pada penelitian ini dibantu oleh aplikasi komputer.

Hasil penelitian ini adalah diketahui variabel independen yang mempengaruhi yaitu eklamsi dan partus lama dengan nilai R-Square sebesar 82,9%. Hal ini berarti bahwa kemampuan menjelaskan variabel independen terhadap dependen sebesar 82,9%.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan   bahwa model terbaik regrsi panel dalam menjelaskan jumlah kematian ibu tinggi adalah dengan fixed effect model dan variabel yang berpengaruh dalam jumlah kematian ibu di Provinsi Jawa Timur yaitu eklamsi dan partus lama.

Volume 6.1 Maret 2017
Published
2017-03-20
How to Cite
AdelinaR., & IndrianiD. (2017). Penerapan Regresi Panel Dalam Mengetahui Pengaruh Kematian Ibu. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(1), 109-120. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i1.66
Section
Articles