Supervisory Management Pada Pembuatan Laporan Standar pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit

  • cendy Agustin Yudistias
Keywords: kedisiplinan, laporan SPM, supervisory management

Abstract

Setiap pelayanan di rumah sakit mengacu kepada Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit berdasarkan KMK Nomor 129 Tahun 2008. Beberapa data indikator pelayanan harus dibuat dengan frekuensi setiap bulan. Namun RSI Jemursari Surabaya mengalami permasalahan mengenai ketepatan waktu pengumpulan laporan SPM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, RSI Jemursari membentuk tim yang diberi nama link champion yang bertanggung jawab memberikan pengawasan pada ketepatan pembuatan laporan SPM seluruh pelayanan. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan supervisory management yang dilakukan oleh link champion berdasarkan penilaian dari kepala unit. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada seluruh kepala unit sebanyak 24 orang. Metode pengambilan sampelĀ  yang digunakan adalah total sampling. Penelitian ini dilakukan di RSI Jemursari Surabaya pada Bulan Mei 2016. Hasil dari penelitian ini adalah seluruh tahapan dalam supervisory management pembuatan laporan SPM telah terlaksana namun belum merata untuk seluruh kepala unit. Tabel tabulasi silang menunjukkan bahwa ada hubungan yang searah dan positif antara nilai yang didapatkan link champion dengan ketepatan waktu kepala unit dalam membuat laporan. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah komite mutu RS dan link champion perlu meningkatkan dan memperbaiki penerapan supervisory management pada pembuatan laporan SPM agar dapat mendisiplinkan seluruh kepala unit, bukan hanya beberapa kepala unit saja.

Volume 6.1 Oktober 2017
Published
2017-03-20
How to Cite
Yudistias, cendy. (2017). Supervisory Management Pada Pembuatan Laporan Standar pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i1.50
Section
Articles