Tingkat kematangan Behavior Based Savety (BBS) Pada Program peka (Pengamatan Keselamatan Kerja) di PT X

  • Mahega Awalatul Aini

Abstract

Angka kecelakaan kerja cenderung meningkat berdasarkan data dari ILO (International Labor Organization). Penyebab utama dari kecelakaan tersebut adalah perilaku tidak aman. Berdasarkan beberapa penelitian, sekitar lebih dari 80% kecelakaan disebabkan oleh perilaku tidak aman, dan sisanya disebabkan oleh kondisi tidak aman. Behavior Based Safety (BBS) adalah pendekatan yang dapat menciptakan perilaku aman dan dapat menurunkan angka kcelakaan . Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kematangan BBS dalam program PEKA di PT X.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dan menggunakan analisis deskriptif. Wawancara dilakukan kepada 4 orang safety officer. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu total sampling. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai setiap acuan dalam behavior safety maturity matrix. Kemudian setiap acuan dinilai tingkat kematangannya berdasarkan behavioral safety maturity ladder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan program PEKA berada pada PEKA di PT X berada pada level 2 (developing), level 3 (performing), dan level 4 (high performing). Namun secara umum, tingkat kematangan program PEKA berada pada level 3 (performing). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa setiap acuan pada program PEKA tidak berada pada level yang sama. Maka, disarankan agar perusahaan memperbaiki proses pelaksanaan BBS dalam program PEKA.

Volume 6.2 Oktober 2017
Published
2018-12-06
How to Cite
AiniM. (2018). Tingkat kematangan Behavior Based Savety (BBS) Pada Program peka (Pengamatan Keselamatan Kerja) di PT X. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(2), 227-234. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i2.41
Section
Articles