pengukuran Kinerja Organisasi berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige Di Fasilitas kesehatan Tingkat Pertama Non perawatan Kota Surabaya

  • Khairul Helmi
Keywords: Kriteria Malcolm Baldrige, pengukuran kinerja

Abstract

Aspek mutu pelayanan merupakanhal yang sangat penting diperhatikan karena mencerminkan tingkat keberhasilan FKTP Non Perawatan Kota Surabaya. Untuk mengetahu mutu diperlukan suatu pengukuran kinerja. Penelitian in ibertujuan untuk mengukur kinerja FKTP Non Perawatan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan observasional dengan desain cross sectional. Untuk mengukur kinerja FKTP Non Perawatan Kota Surabaya, terbagimenjadi 2 jenis FKTP yaitu FKTP Non Perawatanberstandar ISO dan FKTP Non PerawatanNon ISO. Beberapa sampel dari FKTP Non Perawatan dari 2 tipe tersebut secara random dipilih beberapa FKTP, kemudian diminta untuk melakukan penilaian dengan mengisi kuisioner. Hasil penelitian dinilai berdasarkan beberapa aspek, yaitu sumber daya manusia, aspek keuangan, budaya organisasi, fasilitas pelayanan penunjang, kebijakan kesehatan, tantangan FKTP, hubungan masyarakat, ancaman pada pelayanan, teknologi dan sarana, fasilitas pelayanan medis, dan tantangan pada program pelayanan. Pada FKTP berstandar ISO, nilai tertinggi didapat dari kriteria yang sama dengan FKTP Non ISO yaitu kriteria Budaya Organisasi dengan nilai berturut-turut sebesar 91,73% dan 86,79%. Untuk nilai terendah juga pada kriteria yang sama, yaitu Ancaman pada pelayanan dengan persentase FKTP ISO 56,11% dan FKTP Non ISO 64,68%. Dapat disimpulkan bahwa berdasar kriteria Malcolm Baldrige, kinerja FKTP ISO yang mendapatkan bobot 87,25%lebih tinggi daripada FKTP Non ISO yang memperoleh

80,83%.

Volume 6.2 Oktober 2017
Published
2018-12-06
How to Cite
HelmiK. (2018). pengukuran Kinerja Organisasi berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige Di Fasilitas kesehatan Tingkat Pertama Non perawatan Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(2), 215-226. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i2.40
Section
Articles