HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS TERHADAP SIKAP PENGEMUDI OJEK ONLINE KOTA MALANG

  • Viki Candra Irwantoro Stikes Maharani Malang
  • Puguh Raharjo
  • Reny Tri Febriani
Keywords: Pengetahuan, Sikap Pertolongan Pertama, Ojek online

Abstract

Bisnis transportasi berbasis aplikasi online memang tengah naik daun. Masyarakat yang sudah jengah dengan transportasi konvensional merasa senang dan terbantu dengan transportasi berbasis online itu. Pengetahuan dan sikap pengemudi ojek online harus dipahami dan dimengerti terlebih dahulu sebelum melakukan pertolongan korban kecelakaan lalu lintas di jalan. Rancangan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling menggunakan random sampling pada populasi pengemudi ojek online Kota Malang. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 100 responden. Hasil dari penelitian di bahwa setengah responden (58.0%) memberikan sikap sangat baik dimana hampir setengahnya (28 responden) mempunyai tingkat pengetahuan yang baik. Berdasarkan uji statistic Spearman menunjukkan nilai p value sebesar 0.002 < a(0.05), yang artinya H1 diterima sehingga dapat disimpulkan ada hubungan tingkat pengetahuan tentang pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas terhadap sikap pengemudi ojek online Kota Malang. Saran, Berkolaborasi dengan tempat pelayanan kesehatan dan Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kota Malang untuk mengadakan pelatihan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas kepada pengemudi ojek online Kota Malang.

Published
2025-04-28
How to Cite
Irwantoro, V., Raharjo, P., & Febriani, R. (2025). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS TERHADAP SIKAP PENGEMUDI OJEK ONLINE KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 14(1), 1-10. https://doi.org/10.33475/jikmh.v14i1.397
Section
Articles