HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KUNJUNGAN ULANG PASIEN BPJS RAWAT JALAN

  • Mulya Dwi Faradila UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
  • Nova Mega Rukmana
  • Dian Utama Pratiwi Putri
Keywords: MUTU PELAYANAN; KUNJUNGAN ULANG; PASIEN BPJS

Abstract

Rendahnya angka kunjungan berobat ke fasilitas kesehatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan di Indonesia. Pada tahun 2023 UPTD Puskesmas Kedondong mengalami penurunan cakupan peserta BPJS sebesar 3,789 peserta yang melakukan penonaktifan kepesertaan dan pemindahan ke FKTP lainnya. Mutu pelayanan kesehatan mengacu pada kesempurnaan pelayanan kesehatan yang membawa rasa kepuasan bagi setiap pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui  hubungan mutu pelayanan terhadap kunjungan ulang pasien BPJS Rawat jalan di UPTD Puskesmas Kedondong Kabupaten Pesawaran Tahun 2023. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional.jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 77 pasien BPJS yang melakukan kunjungan rawat jalan, menggunakan teknik Accidental sampling.Penelitian telah dilakukan di UPTD Puskesmas Kedondong pada 3-17 Juli 2023. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian univariat didapatkan kunjungan ulang sebanyak 44 (57,1%), diketahui responden dengan bukti fisik baik sebanyak 45 (58,4%), responden dengan keandalan tidak baik sebanyak 41 (53,2%), responden dengan daya tanggap tidak baik sebanyak 42 (54,5%), responden dengan jaminan baik sebanyak 40 (51,9%), responden dengan empati tidak baik sebanyak 44 (57,1%). Analisis bivariat ada hubungan bukti fisik (p-value=0,002), keandalan (p-value=0,023), daya tanggap (p-value=0,037), jaminan (p-value=0,032), dan empati (p-value=0,002) dengan kunjungan ulang pasien BPJS di pelayanan rawat jalan UPTD Puskesmas Kedondong tahun 2023. Saran bagi puskesmas dapat memperhatikan keluhan yang disampaikan oleh pasien seperti ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pasien, karena semua ini sangat berdampak terhadap mutu pelayanan kesehatan.

 

Published
2024-11-25
How to Cite
Faradila, M., Rukmana, N., & Putri, D. U. (2024). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KUNJUNGAN ULANG PASIEN BPJS RAWAT JALAN. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 13(2), 142-151. https://doi.org/10.33475/jikmh.v13i2.371
Section
Articles