Pengaruh Struktur Birokrasi terhadap Implementasi Kebijakan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)

  • Fani Mega Maulidia

Abstract

Masa remaja merupakan periode dimana fisik, psikologi, dan intelektual tumbuh dan berkembang dengan cepat. Pada masa remaja cenderung memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, ketika mereka mengambil keputusan yang salah, mereka akan terjebak dalam keadaan beresiko. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah remaja adalah melalui Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja atau PKPR. PKPR adalah pelayanan kesehatan yang diberikan untuk remaja.

Penelitian ini dilakukan dengan metode analitik kuantitatif. Sesuai dengan waktu penelitian yang dilakukan, penelitian ini diklasifikasikan sebagai studi cross-sectional; sebuah studi yang dilakukan bersamaan pada satu waktu tertentu. Penelitian menggunakan data primer dengan Puskesmas  sebagai unit analisis, yang terdiri dari 24 Puskesmas di Kabupaten Gunung Kidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel SOP dan fragmentasi secara signifikan mempengaruhi implementasi kebijakan program PKPR.

Saran yang dapat diberikan yaitu petugas PKPR di Puskesmas diharapkan agar  bekerjasama dengan petugas program lain sebagai lintas program karena sangat berpengaruh bagi keberhasilan program PKPR.

Volume 6.2 Oktober 2017
Published
2018-12-06
How to Cite
MaulidiaF. (2018). Pengaruh Struktur Birokrasi terhadap Implementasi Kebijakan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(2), 183-192. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i2.37
Section
Articles