FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN POSBINDU PTM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM POSBINDU PTM

  • Vera Agusella UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
  • Bambang Setiaji UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
  • Achmad Djamil UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
  • Endang Budiati UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
  • Kodrat Pramudho UNIVERSITAS MITRA INDONESIA
Keywords: Posbindu, PTM, Program

Abstract

Posbindu PTM adalah suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan posbindu PTM dalam implementasi program posbidu PTM Dinas Kesehatan Tulang Bawang Lampung tahun 2023.

Jenis penelitian adalah kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu analitik korelasi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan cross sectional Penelitian ini telah dilakukan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Tulang Bawang pada 1 April 2023 – 30 April 2023. Sampel minimal dalam penelitian ini berjumlah 110 responden, Analisa data digunakan, yaitu analisa univariat dan analisa bivariate dan multivariate.

Hasil analisis didapatkan tidak terdapat hubungan usia dengan pemanfaatan posbindu PTM dalam implementasi program posbidu PTM Dinas Kesehatan Tulang Bawang Lampung tahun 2023. Terdapat hubungan antara asuransi, pendapatan dan lokasidengan pemanfaatan posbindu PTM dalam implementasi program posbidu PTM Dinas Kesehatan Tulang Bawang Lampung tahun 2023.Perlu juga untuk diadakan posbindu di lebih banyak tempat agar masyarakat tidak merasa jauh dengan lokasi.

Published
2024-07-01
How to Cite
Agusella, V., Setiaji, B., Djamil, A., Budiati, E., & Pramudho, K. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN POSBINDU PTM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM POSBINDU PTM. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 13(1), 65-75. https://doi.org/10.33475/jikmh.v13i1.356
Section
Articles