HUBUNGAN STATUS PENGETAHUAN DAN FAKTOR SOSIO-DEMOGRAFI DENGAN STATUS VAKSINASI HEPATITIS B PADA MASYARAKAT AWAM

  • Indra Kasman Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Keywords: Hepatitis B; Vaksinasi HBV; Virus hepatitis; HbsAg; DNA HBV

Abstract

Pendahuluan: Berdasarkan laporan organisasi kesehatan dunia (WHO), diperkirakan bahwa sepertiga populasi dunia pernah terpajan virus hepatitis B dan 350-400 juta diantaranya merupakan pengidap hepatitis B. Prevalensi yang lebih tinggi didapatkan di negara berkembang, termasuk Indonesia dengan angka pengidap hepatitis B pada populasi sehat diperkirakan mencapai 4-20.3%. Imunisasi dengan vaksin hepatitis B adalah pencegahan paling efektif dari infeksi HBV. Namun didapatkan tingkat vaksinasi hepatitis B di negara berkembang yang tergolong rendah, termasuk Indonesia. Beberapa faktor diketahui mempengaruhi cakupan vaksinasi hepatitis B pada masyarakat awam.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan terkait hepatitis B di antara masyarakat awam dan faktor terkait (faktor sosio-demografi) dengan status vaksinasi hepatitis B.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan metode pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah semua masyarakat awam yang tidak menderita infeksi Hepatitis B dan hepatitis C yang ada di kota Malang. Setiap responden dipilih dengan teknik sampling konsekutif dan bersedia mengikuti penelitian dengan mengisi kuesioner yang diberikan.

Hasil: Data karakteristik sampel penelitian menunjukan sebagian besar sampel berusia < 40 tahun (55,3 %), berjenis kelamin wanita (76,3 %), proporsi yang sudah menikah (85,5%), bekerja sebagai IRT atau swasta (46,1 %), berpendidikan SMA (52,6 %), bergaji < 3 Juta (88,2%), memiliki pengetahuan tentang hepatitis B yang sedang (44,7%) dan tidak pernah vaksinasi hepatitis B (75%). Status pengetahuan tentang hepatitis B merupakan faktor yang secara signifikan berhubungan dengan status vaksinasi HBV.

Kesimpulan: Status pengetahuan tentang hepatitis B merupakan faktor yang secara signifikan berhubungan dengan status vaksinasi HBV

Published
2023-04-17
How to Cite
KasmanI. (2023). HUBUNGAN STATUS PENGETAHUAN DAN FAKTOR SOSIO-DEMOGRAFI DENGAN STATUS VAKSINASI HEPATITIS B PADA MASYARAKAT AWAM. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 12(1), 68-73. https://doi.org/10.33475/jikmh.v12i1.343
Section
Articles