PROBLEMA DIAGNOSIS PERITONEAL TUBERKULOSIS PADA WANITA 15 TAHUN

Problema Diagnosis Peritoneal Tuberkulosis pada Wanita 15 tahun

  • Gunawan Ari Wibowo FK UB
Keywords: peritoneal tubekulosis

Abstract

LAPORAN KASUS

Problema Diagnosis Peritoneal Tuberkulosis pada Wanita 15 tahun

Wibowo Gunawan A, Mustika S, Pratomo B, Supriono. 2022. Laporan Kasus : Wanita 15 Tahun dengan Peritoneal TB, Diagnosis dan Penatalaksanaan .Internal Medicine Program, Faculty of Medicine, Brawijaya University.

Abstrak :

 

Pendahuluan : Peritoneal Tuberkulosis merupakan suatu peradangan peritoneum visceral maupun parietal  yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis. Sampai saat ini diagnosis suatu peritoneal tuberkulosis masih menjadi suatu  problema yang cukup sulit, meskipun terapi tuberkulosis peritoneal relatif mudah. Pasien sering datang dengan gejala non spesifik dan terkadang tanpa disertai tuberkulosis paru.

 

Kasus : Kami melaporkan sebuah kasus  seorang wanita muda 15 tahun  dengan, batuk kronik ,penurnan berat badan, diare serta  asites masif dan memiliki riwayat kontak dengan penderita TB. Pemeriksaan laboratorium didapatkan peningkatan kadar Ca 125, ADA positif namun hasil GEN X pert tidak menunjukan MTB detected Pemeriksaan CXR menunjukan efusi pleura kiri. Kemuadian berdasarkan kondisi klinis pasien kami memberikan terapi peritoneal tuberculosis dan pasien membaik setelah pemberian OAT selama 3 minggu, dan saat kontrol poli pasien sudah dapat beraktivitas seperti sediakala.

 

Kesimpulan : Diagnosis peritoneal tuberkulosis harus dipertimbangkan pada penderita yang datang dengan keluhan perut begah disertai dengan gejala konstitusional tuberkulosis. Gambaran USG abdomen pada penderita peritoneal tuberculosis  dapat berupa penebalan omentum setempat, perlengketan usus, maupun limfadenopati. Pemeriksaan PCR terhadap cairan asites lebih sensitif dari pada pewarnaan Ziehl-Nielsen dalam mendeteksi adanya Mycobacterium tuberculosis. Pada beberapa kasus yang sulit untuk menegakkan diagnosis pasti peritoenal tuberkulosa, terapi anti tuberkulosis ex juvantibus  diperkenankan.

Kata Kunci : Peritoneal tuberkulosis

Published
2023-11-27
How to Cite
WibowoG. (2023). PROBLEMA DIAGNOSIS PERITONEAL TUBERKULOSIS PADA WANITA 15 TAHUN. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 12(2), 172-179. https://doi.org/10.33475/jikmh.v12i2.341
Section
Articles