KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP LAYANAN KESEHATAN SUATU STUDI TINJAUAN SISTEMATIS

  • Rahmaniah Ramadhani STIKES Widyagama Husada
  • MN Lisan Sediawan STIKES Widyagama Husada
Keywords: patient trust,competence, honesty, fidelity, communication, confidentiality

Abstract

Kepercayaan adalah salah satu factor utama dalam hubungan pasien dengan tenaga keaehatan, baik dokter, perawat, bidan, dll. Perkembangan yang cepat dalam sistem pelayanan kesehatan dikhawatirkan oleh banyak orang akan mengancam kepercayaan pasien terhadap tenaga kesehatan mereka. Namun, meskipun diakui pentingnya dan potensi kerapuhannya, upaya keras untuk membuat konsep dan mengukur kepercayaan pasien relatif sedikit. Artikel ini menyajikan sinopsis teori tentang kepercayaan pasien dan evolusi metode pengukuranya.  Dokter, perawatn, pendidik dan peneliti yang tertarik pada bidang ini akan  mendapatkan informasi yang berguna dalam praktik dan pengajaran. Kesenjangan yang diidentifikasi dalam pengetahuan kita tentang kepercayaan dapat membantu menargetkan upaya baru untuk memperkuat dasar metodologis untuk memahami elemen penting dari hubungan medis ini.

Published
2022-04-26
How to Cite
Ramadhani, R., & Sediawan, M. (2022). KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP LAYANAN KESEHATAN SUATU STUDI TINJAUAN SISTEMATIS. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 11(1), 71-83. https://doi.org/10.33475/jikmh.v11i1.283
Section
Articles