HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT
Abstract
ABSTRAK
Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, apabila jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien. Untuk itu rumah sakit diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di rawat inap RS. Baptis Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 responden dengan teknik Probability Sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,94% kualitas pelayanan baik dan 73,36% kepuasan pasien baik. Hasil penelitian menggunakan uji statistik dengan uji Spearman Rank. Didapatkan bahwa koefisien korelasi (r) kepuasan pasien dan kualitas pelayanan sebesar 0,805 dengan taraf signifikasi (Ï) adalah 0,000 dengan Ï<0,01. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di rawat inap RS. Baptis Batu. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diterima pasien maka semakin tinggi kepuasan pasien. Pihak rumah sakit perlu memperbaiki kualitas pelayanan yang kurang yaitu fasilitas fisik rumah sakit khususnya kamar mandi pasien, kecepatan pelayanan obat dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan dari petugas kesehatan.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, BPJS
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The authors who publish their articles in Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada must approve the copyright statement as follows :
1. The authors agree to automatic transfer of the copyright to the publisher
2. All material contained in this site is protected by law.
3. If you find one or more articles contained in the journal that violate or potentially infringe your copyright, please contact us via email lppmkwidyagamahusada@ac.id
4. The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. . This allows authors and others to share (copy and redistribute the material in any medium or fomat) and adapt (remix, transform, and build upon the material) for non-commercial purposes.
4. All Information contained in the journal is academic. The journal is not liable for any losses incurred by misuse of information from this site.