BUDAYA DAN PENGARUH ORANG LAIN YANG MEMENGARUHI SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MP-ASI

  • Tyas Yesiana Dwi Saputri Mahasiswi
Keywords: MP-ASI, balita, sikap

Abstract

ABSTRAK

 

Pada balita usia 6 bulan keatas, ASI sebagai sumber nutrisi sudah tidak mencukupi lagi maka perlu diberikan makanan pendamping ASI(MP-ASI) agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Sikap ibu yang baik sangat dibutuhkan selama proses pengenalan makanan untuk bayi. Berdasarkan data dinas kesehatan Kabupaten Semarang tahun 2016 cakupan tertinggi gizi kurang berada di Puskesmas Tuntang sebesar 19 balita dan berdasarkan hasil studi pendahuluan 3 ibu belum ada rencana pemberian MP-ASI karena usia anaknya belum ada 6 bulan, sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap ibu dalam pemberian MP-ASI masih kurang atau negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Faktor-Faktor yang memengaruhi Sikap Ibu dalam Pemberian MP-ASI Di Puskesmas Tuntang.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatifdengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampel, jumlah sampel 64 responden.

Ibu memiliki sikap positif dalam pemberian MP-ASI di Puskesmas Tuntang yaitu sebanyak 34 (53,1%) ibu dan sikap negatif sejumlah 30 (46,9%). Sikap positif ibu berdasarkan Pengaruh Orang Lain yang Dianggap Penting dalam pemberian MP-ASI sebanyak 32 (50%) ibu dan sikap negatif 32 (50%) ibu. Sikap positif ibu berdasarkan pengaruh budaya dalam pemberian MP-ASI sebanyak 35 (54,7%) ibu dan sikap negatif 29 (45,3%) ibu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap ibu dalam pemberian MP-ASI di Puskesmas tuntang berdasarkan pengaruh budaya  sebagian besar memiliki sikap positif yaitu 35 (54,7%) ibu dan berdasarkan pengaruh orang lain yang dianggap penting sebanyak 32 (50%) memiliki sikap positif.

Published
2020-04-09
How to Cite
Dwi SaputriT. (2020). BUDAYA DAN PENGARUH ORANG LAIN YANG MEMENGARUHI SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MP-ASI. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.33475/jikmh.v9i1.186
Section
Articles