PERBEDAAN TINGKAT PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI PAUD DAN TIDAK MENJALANI PAUD DI DUSUN KRAJAN II GRENDEN PUGER KABUPATEN JEMBER

  • Kurniawan Erman Wicaksono STIKES WIDYAGAMA
Keywords: personal sosial, usia prasekolah, PAUD

Abstract

Perkembangan personal sosial adalah salah satu parameter perkembangan anak yang terdapat aspek saling berhubungan yaitu self-help general, self-help eating, self-help dressing, self direction, occupation, communication, locomotion dan socialization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia prasekolah (usia 3 sampai 5 tahun) yang berjumlah

102 anak. Pengambilan sampel meggunakan purposive sampling. Total sampel sebanyak 26 anak usia prasekolah dengan 13 anak menjalani PAUD dan 13 anak tidak menjalani PAUD. Analisis data menggunakan uji Chi-Square.  Hasil penelitian menunjukkan nilai Odd Ratio

2,857, artinya anak yang menjalani PAUD mempunyai peluang 2,86 kali memiliki tingkat perkembangan personal sosial baik dibandingkan anak yang tidak menjalani PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat perkembangan personal sosial anak usia prasekolah menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Grenden Puger Kabupaten Jember dengan nilai p 0,411. Rekomendasi penelitian selanjutnya dianjurkan untuk melakukan promosi kesehatan tentang pentingnya stimulasi orangtua terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah.

Volume 5.2 Oktober 2016
Published
2016-10-01
How to Cite
WicaksonoK. (2016). PERBEDAAN TINGKAT PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI PAUD DAN TIDAK MENJALANI PAUD DI DUSUN KRAJAN II GRENDEN PUGER KABUPATEN JEMBER. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 5(2), 201-215. https://doi.org/10.33475/jikmh.v5i2.179
Section
Articles