PERBEDAAN TINGKAT PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI PAUD DAN TIDAK MENJALANI PAUD DI DUSUN KRAJAN II GRENDEN PUGER KABUPATEN JEMBER
Abstract
Perkembangan personal sosial adalah salah satu parameter perkembangan anak yang terdapat aspek saling berhubungan yaitu self-help general, self-help eating, self-help dressing, self direction, occupation, communication, locomotion dan socialization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia prasekolah (usia 3 sampai 5 tahun) yang berjumlah
102 anak. Pengambilan sampel meggunakan purposive sampling. Total sampel sebanyak 26 anak usia prasekolah dengan 13 anak menjalani PAUD dan 13 anak tidak menjalani PAUD. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan nilai Odd Ratio
2,857, artinya anak yang menjalani PAUD mempunyai peluang 2,86 kali memiliki tingkat perkembangan personal sosial baik dibandingkan anak yang tidak menjalani PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat perkembangan personal sosial anak usia prasekolah menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Grenden Puger Kabupaten Jember dengan nilai p 0,411. Rekomendasi penelitian selanjutnya dianjurkan untuk melakukan promosi kesehatan tentang pentingnya stimulasi orangtua terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah.
The authors who publish their articles in Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada must approve the copyright statement as follows :
1. The authors agree to automatic transfer of the copyright to the publisher
2. All material contained in this site is protected by law.
3. If you find one or more articles contained in the journal that violate or potentially infringe your copyright, please contact us via email lppmkwidyagamahusada@ac.id
4. The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. . This allows authors and others to share (copy and redistribute the material in any medium or fomat) and adapt (remix, transform, and build upon the material) for non-commercial purposes.
4. All Information contained in the journal is academic. The journal is not liable for any losses incurred by misuse of information from this site.