PENGGUNAAN ANDROGRAPHIS PANICULATA NESS UNTUKMENURUNKAN HIPERTENSI PADA WANITA MENOPAUSE

  • Nicky Danur Jayanti STIKES Widyagama Husada
Keywords: Daun Sambiloto, Hipertensi, Wanita Menopause, Obat Tradisional

Abstract

Hipertensi pada menopause telah diakui sebagai silent killer atau penyakit yang dapat menimbulkan kematian tanpa disertai dengan gejala-gejala terlebih dahulu. Mengobati hipertensi dapat dilakukan secara medis maupun tradisional. Masyarakat sekarang ini lebih menggemari obat tradisional, karena merupakan pengobatan alternatif yang baik, biaya murah, tanpa efek samping dan jika tekanan darah sudah normal, dapat dihentikan pemakaiannya.Daun sambiloto didukung oleh kandungan zat andrographolide yang pahit rasanya, alkaloid, dan kalium.Kandungan andrographolide mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh seperti produksi sel darah putih yang menyerang bakteri dan benda asing lainnya.Kalium tinggi pada sambiloto berguna untuk mengeluarkan air dan garam untuk mengatasi hipertensi.

 Terdapat 26 responden pada penelitian deskriptif ini.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang mana jumlah sampel adalah keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 26 wanita menopause penderita hipertensi yang menggunakan daun sambiloto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan pemeriksaan tekanan darah. 

 Angka hipertensi pada wanita menopause mengalami penurunan, hipertensi berat dari 46,1% menjadi 0%, sedangkan hipertensi sedang dari 38,5% menjadi 11,5%, hipertensi ringan dari 15,4% menjadi 57,7% dan tekanan darah normal dari 0% menjadi 30,8%. Diharapkan petugas kesehatan lainnya memberikan penyuluhan cara penggunaan daun sambiloto yang benar dan disarankan kepada wanita menopause untuk menjaga pola hidup dan menggunakan obat tradisional dengan benar.

Volume 4/No.1/Oktober 2015
Published
2015-10-01
How to Cite
JayantiN. (2015). PENGGUNAAN ANDROGRAPHIS PANICULATA NESS UNTUKMENURUNKAN HIPERTENSI PADA WANITA MENOPAUSE. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 4(1), 19-24. https://doi.org/10.33475/jikmh.v4i1.163
Section
Articles