PERANCANGAN KUALITAS PELAYANAN KEBIDANAN DI BPM DARI PERPEKTIF IBU HAMIL

Studi Pada Bidan Praktik Mandiri di Kabupaten Malang

  • M. Natsir Lisan Sediawan STIKES Widyagama Husada
Keywords: Bidan Praktik Mandiri, Kualitas Layanan, Strategi

Abstract

Permintaan pelayanan oleh bidan dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini menunjukan bahwa eksistensi bidan di mata masyarakat semakin memperoleh kepercayaan, penghargaan, dan pengakuan. Berdasarkan hal inilah, Bidan Paraktik Mandiri (BPM) dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kualitas mutu pelayanan kebidanan dari perspektif ibu hamil di Bidan Praktik Mandiri Kabupaten Malang, JawaTimur. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian jenis observasional dan bersifat analitik, pendekatan waktu pengumpulan data cross sectional, dan metode wawancara dengan kuesioner kepada 158 ibu hamil di Kabupaten Malang kemudian data di analisa menggunakan program MS Excel dan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara berturut-turut aspek kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan di BPM Kabupaten malang adalah persepsi: tampilan fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, kemampuan, keramahan, komunikasi, akses, kepedulian, dampak terhadap pasien dan persepsi kolaborasi. Secara umum perlu adanya peningkatan layanan terutama pada aspek responsiveness dengan: menyediakan kotak saran yang diletakkan di tempat strategis dan menjadikan bidan dan seluruh petugas di BPM sebagai customer relationship.

Volume 3/No.1/Oktober 2014
Published
2014-10-01
How to Cite
SediawanM. N. (2014). PERANCANGAN KUALITAS PELAYANAN KEBIDANAN DI BPM DARI PERPEKTIF IBU HAMIL. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 3(1), 45-52. https://doi.org/10.33475/jikmh.v3i1.135
Section
Articles