PERAN HYPNOBIRTH DAN GENTLEBIRTH SAAT PRENATAL CLASS UNTUK KENYAMANAN DAN KELANCARAN PROSES PERSALINAN

Studi Pada Polindes Dadaprejo Junrejo Kota Batu

  • Jiarti Kusbandiyah STIKES Widyagama Husada
Keywords: Gentlebirth, Hypnobirth, Kenyamanan, Persalinan

Abstract

Persalinan merupakan suatu proses alamiah yang dialami perempuan sebagai salah satu siklus kehidupan. Hypnobirthing dan gentlebirthing adalah salah satu pilihan teknik dalam melahirkan karena teknik ini memandang klien secara holistik dengan prinsip meminimaslisir tindakan medis dengan persalinan yang lembut dan alamiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar peran hypnobirthing dan gentlebirth untuk kelancaran dalam proses persalinan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif eksploratif dengan menggambarkan proses hypnobirthing dan gentlebirthing selama kehamilan dan persalinan dan dampaknya pada proses persalinan kala I, II dan III.

 

Penelitian dilaksanakan di Poskeskel Dadaprejo Junrejo Kota Batu pada 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengusai dalam teknik olah nafas (85%), relaksasi (80%), dan pelvic rocking (90%), tetapi banyak yang mengalami kesulitan dalam melakukan perineum massage (50%), endorfin massage (40%) dan belum banyak yang bisa menguasai birthplan yaitu sebanyak 45%. Upaya paling banyak dilakukan pada saat persalinan pembukaan tujuh cm sebesar 35%, respon nyeri sebagian besar dihadapi dengan tenang dan sangat tenang sebanyak 70%, lama kala I seluruhnya kurang dari 1 cm/jam, kontraksi, denyut jantng janin (DJJ) dan penurunan seluruhnya normal. Kala II pada seluruh responden berjalan normal yaitu kurang dari 60 menit. Posisi yang paling banyak digunakan adalah setengah duduk (80%), dan keadaan bayi seluruhnya normal atau tidak mengalami asfiksia.Kala III pada seluruh responden berjalan normal kurang dari 15 menit, sebagian besar tidak ada laserasi (65%) dan seluruh responden tidak ada yang mengeluarkan perdarahan lebih dari 500 cc. Saran yang disampaikan adalah seluruh komponen baik ibu hamil, petugas kesehatan, dinas kesehatan maupun institusi pendidikan dapat menerapkan asuhan dengan teknik hypnobirthing dan gentlebirthing pada ibu dalam kelas prenatal.

Volume 3/No.1/Oktober 2014
Published
2014-10-01
How to Cite
KusbandiyahJ. (2014). PERAN HYPNOBIRTH DAN GENTLEBIRTH SAAT PRENATAL CLASS UNTUK KENYAMANAN DAN KELANCARAN PROSES PERSALINAN. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 3(1), 21-29. https://doi.org/10.33475/jikmh.v3i1.132
Section
Articles