Tingkat pencemaran Logam Berat Khromium VI (CRVI) Pada Air Sumur (Studi Kasus di Home Industri Poles Dan Chrom ''X'' Kelurahan Bumi Ayu Kota Malang

  • Lilik Yuliati
Keywords: Pencemaran, Khromium VI, Air Sumur, ARKL

Abstract

Khromium adalah logam dengan berat atom 51,966. Toksisitas Khromium dapat mengakibatkan keracunan akut dan kronis seperti kanker paru-paru dan dermatitis. Industri Poles dan Chrom “X” di Kelurahan Bumi Ayu Kota Malang adalah home industri pelapisan logam,yang mana proses produksinya menghasilkan limbah cair yang mengandung Khromium, dan tidak ada pengelolaan limbah cair yang dilakukansebelum dibuang ke sumur resapan. Hal itu dapat mencemari air sumur yang masih digunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat pencemaran logam Khromium VI (Cr VI)  pada air sumur home industri poles dan Chrom “X” di Kelurahan Bumi Ayu  Kota Malang dan analisis risiko kesehatan lingkungan.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah air sumur di home industri Poles dan Chrom “X”. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total samplingsejumlah 1sumur. Data primer didapat melalui wawancara langsung dan uji kandungan Cr VI pada air sumur di Laboratorium Perum. Jasa Tirta dengan Metode Kolorimetri. Hasil  penelitian disajikan dalam tabulasi dan dianalisis secara  deskriptif.

Hasil  dari  penelitian  ini menunjukkan ada pencemaran logam berat Cr VI pada air sumur ( < 0,012 mg/l )  meskipun belum melebihi batas maksimal yaitu 0,05 mg/l (Permenkes 32, 2017 ). Hasil ARKL konsentrasi Cr VI < 0,012 mg/l tergolongmasih aman ( RQ<1)  untuk anak-anak dan orang dewasa. Berkenaan dengan hasil tersebut  perlu dilakukan pengelolaan limbah cair sebelum dibuang ke sumur resapan. Disamping itu perlu dilakukan  pemantauan oleh dinas terkait dan edukasi bagi masyarakat sekitar dan pemilik home industri.

Volume 7.1 Maret 2018
Published
2018-12-05
How to Cite
Yuliati, L. (2018). Tingkat pencemaran Logam Berat Khromium VI (CRVI) Pada Air Sumur (Studi Kasus di Home Industri Poles Dan Chrom ’’X’’ Kelurahan Bumi Ayu Kota Malang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 7(1), 41-46. https://doi.org/10.33475/jikmh.v7i1.32
Section
Articles