Hubungan Pengetahuan tentang ASI Ekslusif Dengan Riwayat Pemberian ASI Ekslusif Di Desa Makamhaji Sukoharjo

  • Yesi Retiyansa
Keywords: ASI eksklusif, Pengetahuan

Abstract

Pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, juga berguna untuk pemulihan kesehatan ibu. ASI adalah makanan pertama untuk bayi yang mengandung nutrisi dan energi lengkap selama 6 bulan pertama kehidupan. Pengetahuan tentang ASI eksklusif sangat penting untuk membentuk perilaku pemberian ASI eksklusif. Berdasarkan data, sebagian besar ibu menyusui di desa Makamhaji tidak memberikan ASI eksklusif.

Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui hubungan pengetaahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional (non experimental) analitik dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada bulan April sampai Juli tahun 2010 di posyandu desa Makamhaji Sukoharjo. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 35 ibu menyusui balita usia 6-8 bulan di desa Makamhaji Sukoharjo. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji statistik Chi Square (x2).

Hasil penelitian dari uji uji chi square yaitu dapat diketahui bahwa nilai signifikasi untuk 2 sided (two tail) adalah 0,023 kurang dari taraf signifikasi yang telah ditetapkan (0,023<0,05). Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pada tingkat kepercayaan 95% ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan status pemberian ASI Eksklusif di Desa Makamhaji, Sukoharjo

Volume 7.2 Oktober 2018
Published
2018-12-04
How to Cite
Retiyansa, Y. (2018). Hubungan Pengetahuan tentang ASI Ekslusif Dengan Riwayat Pemberian ASI Ekslusif Di Desa Makamhaji Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 7(2), 105-110. https://doi.org/10.33475/jikmh.v7i2.26
Section
Articles