Pengaruh Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Sikap mencuci Tangan Siswa kelas IV di SDN Sukomoro I dan III Kecamatan Sukomoro Kabupaten Ngajui

  • Edza Aria Wikurendra STIKES Widyagama Husada

Abstract

Mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan telah menjadi perhatian dunia, hal ini karena masalah kurangnya praktek perilaku cuci tangan tidak hanya terjadi di negara berkembang saja, tetapi ternyata di negara maju. Mencuci tangan yang benar menurunkan angka kejadian diare sebesar 45%. Studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Sukomoro I dan III diketahui bahwa seluruh siswa belum pernah mendapat penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-postest design. Objek pada penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di SDN Sukomoro I dan III Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak  52 siswa.

Nilai t hitung variabel sikap adalah (t = -7,245) dengan menggunakan uji statisitik paired t-test nilai p value variabel sikap sebesar (p = 0,000<0,05) maka, disimpulkan ada pengaruh penyuluhan cuci tangan pakai sabun terhadap sikap mencuci tangan pada siswa SD kelasIV di SDN Sukomoro I dan III Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Dengan hasil tersebut dapat disarankan terhadap pihak sekolah dan puskesmas setempat untuk memberikan penyuluhan secara rutin kepada siswa serta menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun yang dapat berfungsi dengan baik.

Volume 7.2 Oktober 2018
Published
2018-12-04
How to Cite
Wikurendra, E. (2018). Pengaruh Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Sikap mencuci Tangan Siswa kelas IV di SDN Sukomoro I dan III Kecamatan Sukomoro Kabupaten Ngajui. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 7(2), 65-70. https://doi.org/10.33475/jikmh.v7i2.21
Section
Articles