PENDEKATAN PERAWAT PADA KELUARGA PASIEN YANG MENGALAMI KECEMASAAN KARENA ANGGOTA KELUARGANYA DIRAWAT DI RUANG ICU RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN

  • Wahyu Rima Agustin STIKes Kusuma Husada Surakarta

Abstract

Pendekatan perawat dapat mengurangi kecemasan yang dialami keluarga pasien. Pendekatan perawat tersebut berkontribusi dalam hal mengurangi gejala depresi dan kecemasan sehingga memberi manfaat terhadap kesehatan termasuk mengurangi depresi, kesepian, meningkatkan kematangan dalam berhubungan, kompetensi sosial dan penilaian psikososial yang lebih baik dalam menghadapi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan perawat terhadap keluarga pasien yang mengalami kecemasaan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Sampel dalam penelitian adalah 3 partisipan. Data dalam penelitian ini dianalisa menggunakan metode Collaizzi.

Hasil penelitian ini didapatkan empat tema yaitu, bentuk pendekatan perawat secara fisik, bentuk pendekatan perawat secara psikologi, bentuk pendekatan perawat secara spiritual, bentuk pendekatan perawat secara sosial.

Kesimpulan penelitian ini adalah perawat menyatakan mampu memberikan pendekatan kepada anggota keluarga yang mengalami kecemasaan. Pendekatan perawat kepada keluarga dapat dilihat dari tindakan yang dilakukan perawat sehari-hari dalam penanganan kecemasaan keluarga pasien. Perawat diharapkan mampu mengaplikasikan tindakan-tindakan untuk menurunkan kecemasaan sehari-hari dan bila dibutuhkan oleh keluarga.

Published
2019-10-24
How to Cite
Agustin, W. (2019). PENDEKATAN PERAWAT PADA KELUARGA PASIEN YANG MENGALAMI KECEMASAAN KARENA ANGGOTA KELUARGANYA DIRAWAT DI RUANG ICU RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 8(2), 1-7. https://doi.org/10.33475/jikmh.v8i2.183